Article

  • Follow Us

Kegiatan Pembelajaran TK A, Bulan Agustus, Tema: Permainan

Date: September 11, 2015 Author: yunisulistiawati Categories: Article, Education Resources, Entrepreneur, News

Pada Tahun Ajaran 2015-2016, Kegiatan Pembelajaran di TKK PENABUR Bekasi adalah kegiatan Entrepreneur, dimana ada tahapan discover (mencari/menggali informasi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan), design (menggambar/mendisain tentang hasil karya berupa produk atau bukan produk yang akan dicapai), do (melakukan kegiatan disain yang sudah dibuat), dan evaluate (mengevaluasi kegiatan yang sudah anak alami, dari perasaannya, pengalamannya sampai kepada pengharapannya).

 

Term 1 ini, Tema Kegiatan Pembelajaran di TK A adalah Permainan. Tujuannya supaya anak dapat bersosialisasi dengan teman sekelasnya. Pada bulan Agustus 2015, jenis permainan yang dikenalkan adalah permainan tradisional dan permainan modern/masa kini (ini adalah tahap discover). Permainan tradisional yang dikenalkan antara lain kucing-tikus, elang-ayam, balap sarung. Sedangkan permainan modern yang dikenalkan antara lain aturan bermain (hompimpa, suit), ular tangga, ular naga, ABC 5 dasar, rebutan kursi, dan bernyanyi lagu “sedang apa?”

 

Masih pada tahap discover, dalam permainan tradisional, anak mendapatkan pembelajaran tentang motorik kasarnya, seperti berlari (kucing-tikus, elang ayam), melompat (balap sarung). Selain motorik kasar, anak juga belajar untuk mengendalikan diri/emosi supaya bersabar menunggu giliran dalam permainan, tidak marah/meledek/menangis saat menang/kalah dalam permainan.

 

Sedangkan dalam permainan modern, kami (guru) menyisipkan sebuah pembelajaran menarik, seperti ketika bermain ABC 5 dasar, guru mengacak kartu huruf A, I, U, E, O yang diletakkan dibawah, dan ketika salah satu huruf diangkat, anak dapat menjawab nama benda/hewan/buah sesuai huruf awalannya. Pada permainan ular tangga, anak belajar konsep membilang pada jumlah titik di dadu (1-3)

 

Di sela-sela kegiatan bermain, ada juga sisipan kegiatan pembelajaran seperti menebalkan dan meniru garis tegak (I), menempel kertas membentuk garis miring (/), serta membuat gambar bendera Indonesia, membuat gambar dengan teknik kelereng, menjiplak huruf a,i,u,e,o, menempel gambar sesuai lambing bilangan (1-5), mencari gambar sesuai huruf awalan yang ditunjukkan guru (a,i,u,e,o), memberi ide tentang kata-kata dalam syair dan mengucapkannya (syair tentang “Bermain”)

 

Pada tahap design, anak-anak dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan keinginan hati anak, dimana dalam kelompok membahas tentang nama permainan (walau menggunakan permainan yang sudah di bahas sebelumnya pada tahap discover), aturan permainan, kostum permainan. Pada tahap ini juga, anak-anak belajar menghubungkan gambar dengan huruf awalannya (a,i,u,e,o), menebalkan dan meniru garis tidur (-).

 

Pada tahap do, anak-anak menampilkan permainan yang sudah dipilih dengan nama permainan yang baru dengan memakai kostum permainan yang sudah di diskusikan terlebih dahulu bersama satu kelompoknya. Satu hari, satu kelompok yang perform. Dalam tahap ini, anak-anak juga belajar menebalkan dan meniru garis lengkung (() dan angka 1 – 5, serta mewarnai gambar sesuai angkanya (1-5), dan membuat playground dari playdough.

 

Sedangkan pada tahap evaluate, kami (guru) menanyakan tentang perasaan anak saat bermain, berdiskusi dengan teman, dan perasaan pada saat perform.

 

Pada bulan Agustus ini, anak-anak juga mulai dikenalkan dengan kegiatan menggosok gigi dengan Dokter Dwi ditemani oleh Ibu Thea (Perawat), serta kegiatan Bahasa Inggris dengan Ms. Lintang (materi pembelajaran my classroom and letter a-b) dan kegiatan Bahasa Mandarin dengan Louse Grace (materi pembelajaran kemerdekaan dan memperkenalkan diri).

1 main 1       1 main 2

1 main 3              1 main 4

1 main 5

1 main 61 main 7